Kasat Reskrim Polresta Deliserdang Kompol M. Firdaus Raih Gelar Doktor dari USU

Kasat Reskrim Polresta Deliserdang, Kompol Muhammad Firdaus berhasil meraih gelar akademik Doktor dari Universitas Sumatera Utara (USU) dengan predikat pujian (Cum Laude) pada Kamis (21/10/2021). Sidang Kompol Muhammad Firdaus digelar secara terbuka via daring menggunakan aplikasi Zoom. Sidang itu dipimpin Wakil Rektor I USU Edy Ikhsan dengan tim penguji Zulkarnain Sitompul dan Mahmul Siregar bersama promotor Prof. Tan Kamello serta Co promotor Prof. Saidin dan Prof. Sunarmi.

Setelah disertas berjudul “Peran Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dalam Mendukung Pengembangan Usaha Mikro Kecil Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat” itu berhasil dipertahankan, pimpinan sidang menyimpulkan Muhammad Firdaus, yang merupakan mahasiswa Program Studi S3 Stambuk 2018 dinyatakan lulus dengan IPK 3,94 dan berhak menggunakan gelar Doktor. Kebahagiaan tampak di wajah Muhammad Firdaus setelah keputusan itu. Pria kelahiran Sabang, 26 Juni 1985 itu merupakan Stambuk 2018 pertama yang lulus dengan predikat Cum Laude.

 Dia sama sakali tidak menyangka bisa menyelesaikan pendidikannya, membayangkan betapa sulit membagi waktu kuliah dan pekerjaan sebagai penegak hukum. Kompol M. Firdaus mengenyam pendidikan dari SD hingga SMA di Sabang dan masuk Akpol pada 2003. Dia kemudian melanjutkan studi S2 di USU hingga tamat pada 2018 dan kembali melanjutkan studi S3.

Dia mengaku semangat menempuh pendidikan masa muda, yang merupakan amanat dari almarhum ayahnya. Sang ayah berpesan kualitas hidup seseorang bisa dilihat dari bagaimana dia menuntut ilmu lalu mengamalkannya. Setelah meraih gelar Doktor, Kompol M. Firdaus tidak lantas puas. Selagi masih diberi kesehatan dia akan gigih menuntut ilmu, dan ke depannya ingin menempuh jalur pendidikan lainnya. Kompol M. Firdaus memulai karier dengan penempatan pertama di Polda Aceh pada Desember 2006, diikuti penempatan di Polres Aceh Besar pada Januari 2007. Dia kemudian menjabat sebagai KBO Sat Reskrim Polres Aceh Besar, Kapolsek Lhoknga Polres Aceh Besar, Kasar Reskrim Polres Sabang, Panit Subdit Kamneg Ditreskrim Polda Aceh, Kasat Reskrim Polres Aceh Tenggara, dan Kasat reskrim Polres Langsa. Setelah menyelesaikan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK) perjalanan kariernya berlanjut dengan penugasan di Polda Sumatera Utara sebagai Pama Polda Sumut pada 2015, Kanit Ekonomi Sat reskrim Polrestabes Medan pada 2015, Kasat Reskrim Polres Labuhan Batu pada 2016, Kasat Reskrim Polres Langkat pada 2017, Paur Minsis Korsis SPN Poldasu 2018, Kanit Bunuh Culik Subdit Jatanras Ditreskrimum Poldasu 2019-2020, dan sejak 2020 hingga saat ini sebagai Kasat Reskrim Polresta Deliserdang.

Sumber : okeEdukasi

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email